Di era globalisasi ini, ketika zaman dianggap semakin maju, teknologi semakin maju, semua serba maju, faktanya ada beberapa hal yang justru terjadi kemunduran. Salah satunya adalah soal akhlak.


Pergaulan antara laki laki dan perempuan seolah tidak ada batas. Orang tua mengizinkan anaknya dibawa seorang pria, bahkan untuk bermalam. Publik figur di media sosial mempertontonkan pergaulan muda mudi yang bebas. Bahkan beberapa artis mengakui bahwa mereka melakukan perzinahan dan hamil diluar nikah.


Tentu ini menjadi persoalan yang mendalam bagi kita sebagai umat Islam, terlebih seorang santri untuk mendidik generasi berikutnya yang lebih menjaga akhlak dan hati hati dalam pergaulan.


Namun jika kemudian perzinahan itu sudah terlanjur terjadi, dan dua pasangan muda mudi ini hendak bertaubat, hal apakah yang harus dilakukan?


Ubaidillah bin Abdullah bin Utbah رحمه الله تعالى berkata:

سُئِلَ أَبُو بَكْرٍ الصِّدِّيقِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ رَجُلٍ زَنَى بِامْرَأَةٍ، ثُمَّ يُرِيدُ أَنْ يَتَزَوَّجَهَا قَالَ: «مَا مِنْ تَوْبَةٍ أَفْضَلُ مِنْ أَنْ يَتَزَوَّجَهَا خَرَجَا مِنْ سِفَاحٍ إِلَى نِكَاحٍ»


Abu Bakar al-Shiddiq رضي الله عنه ditanya tentang seorang laki-laki yang berzina dengan seorang perempuan, lalu ia bermaksud menikahinya. Abu Bakar berkata: "Tidak ada taubat yang lebih utama daripada menikahinya. Mereka keluar dari perzinaan menuju pernikahan."

Riwayat al-Imam Abdurrazzaq, al-Mushannaf [12795].


Jadi pernikahan adalah bentuk taubat paling utama bagi pelaku zina. Tentu hal ini bukan berarti kita bisa meremehkan perbuatan zina, khususnya bagi muda mudi yang yakin akan menikahi pasangannya. Tetap kita pegang teguh bahwa zina adalah dosa besar, kita jauhi sejauh mungkin, berdasarkan pada firman Alloh SWT :


وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا


Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk. [al-Isrâ’/17:32]


Namun meski begitu, masih ada jalan bagi mereka yang terlanjur berzina untuk mentaubati diri, hingga mendapatkan ampunan dari Alloh SWT. 


Semoga kita terhindar dari hal hal yang dilarang dalam agama ini. Amiin. 

2 Komentar

  1. Akhir akhir ini memang perzinahan semakin marak dikalangan muda mudi kita, bahkan sudah dianggap hal yang tabu dizaman sekarang.
    Menurut saya, sekedar saran nampaknya lebih bagus kalau antum juga menjelaskan kiat kiat bagi muda mudi agar terjauhkan dari perzinahan karena pencegahan lebih utama daripada pengobatan...

    BalasHapus
  2. InsyaAllah.. Terima kasih atas sarannya.

    Ditunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama