MENSYUKURI NIKMAT ALLOH SWT

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ


اَلْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى نِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ, الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى هَدَانَا لِهَادَى وَماَ كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلاَ أَنْ هَدَانَا اللهُ, الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَلَّمَنَا الْقُرْءَانَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى جَعَلَنَا مِنْ أُمَّةِ سَيِّدِ الأَنَامِ  الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى الصِّحَّةِ وَالْعَافِيَةِ الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى جَمِيْعِ النِّعَامِ الظَّاهِرَةِ وَالْبَاطِنَةِ السَّابِقَةِ وَالاَّحِقَةِ الدُّنْيَاوِيَّةِ وَالأُخْرَوِيَّةِ أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَمَوْلاَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيًّا بَعْدَهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ.
أَمَّابَعْدُ : فَيَاعِبَادَ اللهِ (#qà)®?$# ©!$# ¨,ym ¾ÏmÏ?$s)è? Ÿwur ¨ûèòqèÿsC žwÎ) NçFRr&ur tbqßJÎ=ó¡B وَاعْلَمُوْا أَنَّكُمْ قَادِمُوْنَ إِلَى اللهِ öÝàZtFø9ur Ó§øÿtR $¨B ôMtB£s% 7tóÏ9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# 7ŽÎ7yz $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès?.  `ä3tFø9ur öNä3YÏiB ×p¨Bé& tbqããôtƒ n<Î) ÎŽösƒø:$# tbrããBù'tƒur Å$rã÷èpRùQ$$Î/ tböqyg÷Ztƒur Ç`tã ̍s3YßJø9$# 4 y7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd šcqßsÎ=øÿßJø9$#     
Hadirin yang di muliakan Alloh SWT
Marilah kita tingkatkan takwa kita kepada Alloh SWT. dengan menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Karena tidak ada keuntungan yang lebih besar melebihi taat kepada Alloh dan tidak ada kerugian yang lebih besar melebihi maksiat kepada Alloh.

Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
           Semestinya kita senantiasa bersyukur kepada Alloh SWT, atas karunia yang sangat-sangat besar yang Alloh berikan kepada kita, yaitu karunia agama ini, karena barang siapa dikasih karunia agama, maknanya seluruh kebaikan dunia akhirat telah diberikan oleh Alloh kepadanya, dia didunia akan menjadi kekasih-kekasih Alloh dan di akhirat akan menjadi raja-raja disurga Alloh SWT, berkumpul dengan para Nabi dan para Rosul As, dalam kehidupan yang kekal abadi yang selama-lamanya. Seluruh cita-citanya akan diberikan oleh Alloh, seluruh permintaannya akan diwujudkan oleh Alloh, seluruh kesenangannya akan disediakan oleh Alloh SWT. Kita bersyukur kepada Alloh atas karunia yang agung ini. Diantara bentuk mensyukuri karunia yang agung ini, adalah seperti yang dicontohkan oleh Sayyidina Abu Bakar As Siddiq Ra.
أَيُنْقَصُ الدِّيْنُ وَأَنَا حَيٌّ

Saya tidak terima kalau agama dikurangi, sedangkan saya masih hidup.

Inilah diantara bentuk mensyukuri nikmat agama. Mensyukuri nikmat agama yang ada dalam diri kita, bagaimana jangan sampai agama ini berkurang dalam diri kita ini, jangan sampai iman kita berkurang, jangan sampai sholat kita berkurang, jangan sampai pengorbanan dan perjuangan kita berkurang.
          
Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
            Dan kita juga harus mensyukuri nikmat-nikmat Alloh yang wujudnya yaitu agama yang ada dalam diri kita, agama yang ada dalam diri anak kita, agama yang ada dalam diri istri kita, agama yang ada dalam diri teman-teman kita dan agama yang ada dalam diri umat islam, karena semua amalan agama yang diamalkan oleh umat islam di seluruh dunia ini, kita mendapat bagian barokahnya. Kalau ada orang yang sholat diujung dunia sana, kemudian dia berdoa,

“Tunjukilah kami jalan yang lurus”.

Maka kita kebagian barokahnya.
Kalau seseorang sholat dan dia mengucapkan,
 السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ

Maka seluruh umat islam didunia dapat kebagian barokahnya juga, maka diantara mensyukuri nikmat agama yang ada dalam diri umat, mesti didalam hati kita ada semangat jangan sampai agama yang ada dalam diri umat ini berkurang, kita harus sedih kalau ada satu umat islam diujung dunia sana kurang agamanya, kurang imannya, atau kurang amalannya, ini salah satu bentuk mensyukuri nikmat agama yang ada dalam diri umat.
         
Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
           Kita syukuri nikmat agama yang ada dalam diri kita, yaitu dengan kita menjaga amalan-amalan kita, dan kita jaga nikmat agama ini. Kita syukuri nikmat agama yang ada dalam diri umat, diantaranya adalah kita senantiasa berdoa untuk umat dan senantiasa menda’wahkan agama kepada umat.
Kita bersyukur kepada Alloh SWT, Alloh SWT telah menjadikan kita sebagai umat Baginda Muhammad SAW, diantara bentuk mensyukuri nikmat yang besar ini adalah senantiasa kita bersholawat kepada Baginda Nabi siang dan malam, apalagi pada hari jum’at yang mulia ini memang disunahkan membaca banyak sholawat kepada Baginda Nabi SAW. Diantara bentuk mensyukuri nikmat diutusnya Baginda Nabi As kepada kita adalah kita jaga sunah-sunahnya, kita teruskan perjuangannya, kita cintai beliau melebihi ayah kita, ibu kita dan seluruh manusia.
Kita bersyukur kepada Alloh SWT, Alloh SWT memberikan kepada kita kitab Al-Qur’an, sebaik-baiknya kitab, semulia-mulianya kitab yang Alloh turunkan dimuka bumi ini, diantara bentuk mensyukurinya, yaitu kita senantiasa membacanya, merenunginya dan mempelajarinya dan menyemangatkan anak-anak kita untuk mempelajari Al-Qur’an.
Kita bersyukur kepada Alloh SWT atas karunia yang besar yang Alloh berikan kepada kita, yaitu di hari jum’at yang mulia ini, dimana pada hari ini amalan-amalan dilipat gandakan pahalanya oleh Alloh, doa-doa diterima oleh Alloh pada hari ini, maka kita syukuri nikmat yang mulia ini. Diantara bentuk syukurnya adalah, kita berangkat hari jum’at ini pagi-pagi kemasjid-masjid Alloh SWT.
Diceritakan dalam suatu hadits, bahwasannya nanti pada hari kiamat orang-orang iman akan diizinkan untuk menghadap langsung kepada Alloh dan mereka akan dibikin sof-sof menurut shof-shof mereka pada waktu hari jum’at didunia ini, siapa yang datang duluan pada hari jum’at, maka dialah yang akan dishof terdepan ketika dia menghadap Alloh SWT.
Kita bersyukur kepada Alloh SWT atas karunia Alloh SWT, kita dikasih teman-teman muslim, disekitar kita orang islam, timur kita, barat kita, kanan kita, kiri kita, dipenuhi dengan orang-orang islam. Alangkah menderitanya seumpama kita ini hidup dinegeri-negeri yang tidak ada orang-orang islam. Kita bersyukur kepada Alloh atas karunia ini, yaitu dengan kita sayangi saudara-saudara muslim kita ini, kita jaga mereka, kita jaga amalan mereka, sayang sebetulnya sayang, adalah kalau senantiasa kita memikirkan agama mereka, memikirkan amalan mereka, sehingga mereka hidup dalam keadaan islam, mati dalam keadaan iman, inilah sebagian daripada syukur. Barang siapa bersyukur, maka Alloh SWT akan menambah-nambah nikmatnya, tetapi kalau tidak bersyukur, inilah bahaya besar telah mengancam kita.
Maka hari ini adalah hari syukur kepada Alloh SWT, atas karunia-karunia yang tidak terhitung yang Alloh berikan kepada kita, baik karunia dunia maupun karunia agama. 22 feb 2008

جَعَلَناَالله ُوَاِيَّاكُمْ مِنَ الْفاَئِزِيْنَ اْلآمِنِيْنَ. وَاَدْخَلَنا َوَاِيَّاكُمْ فِى زُمْرَةِ الْمُتَّقِيْنَ اْلمُؤْمِنِيْنَ الْمُوْقِنِيْنَ
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$# . .  ÎŽóÇyèø9$#ur ¨bÎ) z`»|¡SM}$# Å"s9 AŽô£äz . žwÎ) tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# (#öq|¹#uqs?ur Èd,ysø9$$Î/ (#öq|¹#uqs?ur ÎŽö9¢Á9$$Î/ . وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِينَ





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama